1. Sebutkan dan jelaskan properti sistem yang memberikan keamanan untuk sebuah sistem !
Jawab :
Properti
Sistem Yang Memberikan Keamanan
Sebuah system harus mempunyai tiga
property (sifat), yaitu :
· Integritas, system
akan mempunyai integritas bila ia berjalan menurut spesifikasinya. Perancang
system berusaha untuk mengembangkan system yang mempunyai integritas
fungsional, yaitu kemampuan untuk melanjutkan operasi, apabila salah satu atau
lebih dari komponennya tidak berjalan.
· Audibilitas, ia akan
bersifat audible jika ia memiliki visibilitas dan accountability (daya
perhitungan). Bila system memiliki audibilitas maka mudah bagi seseorang untuk
memeriksa, memverifikasi atau menunjukkan penampilannya.
·
Daya kontrol, daya
kontrol memungkinan manajer untuk menangani pengerahan atau penghambatan pengaruh
terhadap system. Teknik yang efektif untuk mendapatkan daya kontrol system ini
adalah dengan membagi system menjadi subsistem yang menangani transaksi secara
terpisah.
2. komputer yang ada dalam jaringan memberikan peluang resiko keamanan yang lebih besar dari
pada komputer yang ada didalam suatu ruangan, sebut dan jelaskan area kontrol untuk komunikasi
data !
Jawab :
Komunikasi Data (Data Communication)
Komputer yang ada dalam
jaringan memberikan peluang risiko keamanan yang lebih besar dari pada komputer
yang ada di dalam suatu ruangan. Area kontrol ini terdiri dari :
- Kontrol pengiriman pesan
- Kontrol saluran (channel) komunikasi
- Kontrol penerimaan pesan
- Rencana pengamanan datacom secara menyeluruh
p 3. Prototype dapat memberikan ide bagi pembuat dan
pemakai potensial tentang cara sistem
b berfungsi dalam bentuk lengkapnya, proses
akan menghasilkan prototype (prototyping),
s sebut dan jelaskan jenis – jenis
prototype !
f Jawab :
Jenis – jenis Prototype :
1. Jenis I , akan
menjadi sistem opersional.
Langkah – langkahnya :
q Mengidentifikasi kebutuhan user.
q Mengembangkan prototype.
q
Menentukan apakah prototype dapat diterima.
q Menggunakan prototype.
2. Jenis II , langkah – langkahnya :
q Mengadakan sistem operasional.
q Menguji sistem operasional.
q
Menentukan jika sistem operasional dapat diterima.
q Menggunakan sistem operasional.
4. sebut
dan jelaskan sumber daya informasi perusahaan !
SUMBER DAYA INFORMASI PERUSAHAAN
Macam- macam Sumber Daya Informasi :
1. HARDWARE (PERANGKAT KERAS)
Hardware merupakan element dari sistem computer. Merupakan perangkat yang dapat lihat dan dapat sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
Hardware merupakan element dari sistem computer. Merupakan perangkat yang dapat lihat dan dapat sentuh secara fisik, seperti perangkat masukan, perangkat pemroses, maupun perangkat keluaran.
2. SOFTWARE (PERANGKAT LUNAK)
Merupakan sekumpulan perintah yang dijalankan (atau dieskusi) oleh komputer. Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Melibatkan berbagai komponen dalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpan atau dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat memahami dan menjalankan instruksi yang terkandung didalamnya.
Merupakan sekumpulan perintah yang dijalankan (atau dieskusi) oleh komputer. Program komputer ini terdiri dari susunan logika untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu di komputer. Melibatkan berbagai komponen dalam computer, seperti system operasi, program, dan data yang disimpan atau dibaca. Logika yang ada dalam perangkat lunak tersebut disusun sedemikian rupa sehingga computer dapat memahami dan menjalankan instruksi yang terkandung didalamnya.
3. SPESIALIS INFORMASI
Spesialisasi informasi (information specialist) untuk mengambarkan pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara system berbasis komputer.
4. PEMAKAI (MANUSIA)
End user sinonim dengan pemakai, ia menggunakan produk akhir suatu sistem berbasis komputer. Jadi, end-user computing (EUC) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh para pemakai.
5. FASILITAS (MESIN)
Fasilitas merupakan sumber daya untuk menyimpan dan mendukung sisem informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya tersebut.
Fasilitas merupakan sumber daya untuk menyimpan dan mendukung sisem informasi, contohnya teknologi informasi. Dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk menyimpan dan mendukung sumber daya tersebut.
6. DATABASE
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user.
Basis data (database) adalah kumpulan dari berbagai data yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Basis data tersimpan di perangkat keras, serta dimanipulasi dengan menggunakan perangkat lunak. Pendefinisian basis data meliputi spesifikasi dari tipe data, struktur dan batasan dari data atau informasi yang akan disimpan. Database merupakan salah satu komponen yang penting dalam sistem informasi, karena merupakan basis dalam menyediakan informasi pada para pengguna atau user.
7. INFORMASI
Informasi
adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti
bagi yang menerimanya. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu
kejadian-kejadian dan kesatuan yang nyata. Atau data adalah representasi dunia
nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, mahasiswa,
pelanggan), hewan, peristiwa, konsep, keadaan, dll, yang direkam dalam bentuk
angka, huruf, symbol, teks, gambar, bunyi atau kombinasinya.
1. 5. sebut dan jelaskan 6 tahap dasar untuk mencapai
manajemen mutu !
Jawab :
tahapan - tahapannya :
1. mengidentifikasikan pelanggan IS
2. menentukan kebutuhan kualitas
3. menetapkan metrik kualitas
4. menentukan strategi kualitas IS
5. menerapkan program kualitas IS
6. memantau kinerja kualitsa IS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar