Rabu, 07 Januari 2015

Siklus Aplikasi Sistem Informasi Akuntansi

                             Aplikasi Siklus Pendapatan


A. Definisi Siklus Pendapatan Siklus pendapatan adalah rangkaian aktivitas bisnis dan kegiatan
     pemrosesan informasi terkait yang terus berulang dengan menyediakan barang dan jasa ke para
     pelanggan dan menagih kas sebagai pembayaran dari penjualan-penjualan tersebut


B. Ruang Lingkup

a. Entri pesanan penjualan,proses entri pesanan penjualan mencakup tiga tahap:
  • Mengambil pesanan dari pelanggan 
  • Memeriksa dan menyetujui kredit pelanggan 
  • Memeriksa ketersediaan persediaan o Pengiriman
b. Aktivitas dasar kedua dalam siklus pendapatan adalah memenuhi pesanan pelanggan dan
    mengirimkan barang dagangan yang diinginkan tersebut, proses ini terdiri dari dua tahap:
  • Mengambil dan mengepak pesanan 
  • Mengirim pesanan tersebut 
  • Penagihan dan Piutang Usaha
c. Aktivitas dasar ketiga dalam siklus pendapatan, melibatkan:
  • Penagihan ke para pelanggan 
  • Memelihara data piutang usaha 
  • Penagihan Kas
d. Langkah keempat (terakhir) dalam siklus pendapatan adalah penagihan kas, melibatkan:
  • Menangani kiriman uang pelanggan 
  • Menyimpannya ke bank

C. SubSistem / Komponen

siklus pendapatan sebenarnya terdiri atas dua subsistem utama, yaitu :
  • subsistem prosesnya pesanan penjualan.
  • subsistem penerimaan kas Tujuanya yaitu untuk menyediakan produk yang tepat pada lokasi pasar yang tepat, dilakukan pada waktu yang tepat, untuk harga yang tepat (the right product in the right place at he right time for the right price).

D. DFD Aplikasi Siklus Pendapatan





                        Aplikasi Siklus Pengeluaran


A. Definisi Aplikasi Siklus Pengeluaran

          Siklus Pengeluaran adalah rangkaian kegiatan bisnis dan operasional pemrosesan data terkait yang berhubungan dengan pembelian serta pembayaran barang dan jasa, tujuan utamanya adalah dalam siklus pengeluaran untuk meminimalkan biaya total memperoleh dan memelihara persediaan, perlengkapan, dan berbagai layanan yang dibutuhkan organisasi untuk berfungsi

B. Ruang Lingkup Siklus Pengeluaran

Aktivitas Bisnis Siklus Pengeluaran :

1. Memesan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
    Aktivitas utama pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan.
    Aktivitas utama pertama dalam siklus pengeluaran adalah memesan persediaan atau perlengkapan
    Metode pengendalian persediaan tradisional ini sering disebut:kuantitas pesanan ekonomis [EOQ])
    Pendekatan ini didasarkan pada perhitungan jumlah optimal pesanan untuk meminimalkan jumlah
    biaya pemesanan, penggudangan dan kekurangan persediaan.

2. Menerima dan menyimpan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
    Menerima dan menyimpan barang, Perlengkapan dan jasa (layanan) :

    - Aktivitas bisnis utama kedua dalam siklus pengeluaran adalah penerimaan dan penyimpanan
      barang yang dipesan.
    - Keputusan-keputusan penting dan kebutuhan-kebutuhan informasi:
    - Bagian penerimaan mempunyai dua tanggung jawab utama:                          
        - Memutuskan apakah menerima pengiriman                                             
        - Memeriksa jumlah dan kualitas barang
    - Dokumen-dokumen dan prosedur-prosedur
    - Laporan penerimaan adalah dokumen utama yang digunakan dalam subsistem penerimaan dalam
      siklus pengeluaran, laporan ini mendokumentasikan rincian mengenai: setiap kiriman, termasuk
      tanggal penerimaan, pengiriman, pemasok, dan nomor pesanan pembelian.

Bagi setiap barang yang diterima, laporan ini menunjukkan nomor barang, deskripsi, unit ukuran, dan jumlah barang yang diterima.

3. Membayar barang, Perlengkapan dan jasa (layanan)
    Aktivitas utama ketiga dalam siklus pengeluaran adalah menyetujui faktur penjualan dari vendor
    untuk pembayaran.

    - Bagian utang usaha menyetujui faktur penjualan untuk dibayar
    - Kasir bertanggung jawab untuk melakukan pembayaran

Tujuan utang usaha adalah untuk mensahkan pembayaran hanya untuk barang dan jasa yang dipesan dan benar-benar diterima.
Ada dua cara untuk memproses faktur penjualan dari vendor :
    - Sistem tanpa voucher
    - Sistem menggunakan Voucher

C. SubSistem Siklus Pengeluaran

Subsistem penerimaan dalam siklus pengeluaran, laporan ini mendokumentasikan rincian mengenai :
- Setiap kiriman, termasuk tanggal penerimaan, pengiriman, pemasok, dan nomor pesanan pembelian.
- Bagi setiap barang yang diterima, laporan ini menunjukkan nomor barang, deskripsi, unit ukuran,
  dan jumlah barang yang diterima.
- Membayar barang, Perlengkapa

D. Batasan Aplikasi Siklus Pengeluaran

Proses bisnis adalah suatu kumpulan aktivitas atau pekerjaan terstruktur yang saling terkait untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu atau yang menghasilkan produk atau layanan (demi meraih tujuan tertentu). Suatu proses bisnis dapat dipecah menjadi beberapa subproses yang masing-masing memiliki atribut sendiri tapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan dari superprosesnya. Analisis proses bisnis umumnya melibatkan pemetaan proses dan subproses di dalamnya hingga tingkatan aktivitas atau kegiatan.

Beberapa karakteristik umum yang dianggap harus dimiliki suatu proses bisnis adalah:

   - Definitif: Suatu proses bisnis harus memiliki batasan, keluaran yang jelas.
   - Urutan: Suatu proses bisnis harus terdiri dari aktivitas yang berurut sesuai waktu dan ruang.
   - Pelanggan: Suatu proses bisnis harus mempunyai penerima hasil proses.
   - Nilai tambah: Transformasi yang terjadi dalam proses harus memberikan nilai tambah pada
     penerima.
   - Keterkaitan: Suatu proses tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus terkait dalam suatu struktur
     organisasi.
   - Fungsi silang: Suatu proses umumnya, walaupun tidak harus, mencakup beberapa fungsi.

E. DFD Aplikasi Siklus Pengeluaran




      

       sumber : http://sella10p.wordpress.com/2014/01/22/siklus-aplikasi-sistem-informasi-akuntansi/





Tidak ada komentar:

Posting Komentar